plafon triplek

Model Plafon Triplek Cantik

Langit-langit atau plafon rumah adalah bidang yang berfungsi sebagai pembatas antara atap dengan ruangan yang ada di bawahnya. Biasanya ketinggian plafon rumah antara 2,75 meter sampai 3,75 meter. Plafon rumah sebenarnya tidak hanya berfungsi sebagai pembatas saja tetapi juga memiliki beberapa fungsi lain di antaranya adalah menjaga supaya kondisi suhu ruangan di bawahnya tidak terlalu panas saat terkena sinar matahari yang mengenai atap rumah. Di sini plafon berfungsi untuk menahan panas dari atap sehingga panas tersebut mengalir ke ruangan. Selain itu, plafon juga berperan penting dalam melindungi ruang-ruang di bawahnya dari rembesan air yang mungkin masuk dari atap. Beberapa fungsi plafon yang lain adalah untuk menetralkan suara bising pad atap ketika hujan turun, menutup dan menyembunyikan berbagai benda yang kurang pantas dilihat seperti kabel instalasi listrik, pipa, dan struktur atap sehingga menjadikan interior ruang terlihat lebih rapi dan indah.plafon triplek

Tetapi fungsi plafon saat ini juga telah semakin luas, termasuk untuk membantu meningkatkan estetika rumah, terutama dalam interior ruang. Kualitas plafon sangat dipengaruhi oleh material yang digunakan. Setiap material mempunyai karakteristik masing – masing. Salah satu jenis material yang sering digunakan sebagai plafon adalah triplek. Material berbentuk lembaran ini dapat menjadi alternatif untuk plafon. Alasan utama orang-orang memilih material triplek adalah karena harga triplek untuk plafon yang relative terjangkau.

Plafon triplek saat ini semakin banyak digunakan oleh para pemilik rumah. Ukuran triplek yang tersedia di pasaran biasanya adalah 122 x 244 cm. Walaupun ukurannya sama, namun ketebalan triplek tersedia dalam 3 pilihan. Ukuran paling tipis memiliki ketebalan 3 mm, ketebalan sedang 4 mm, dan yang paling tebal adalah 6 mm. Cara memasang plafon triplek tergolong mudah dibandingkan material seperti gipsum atau asbes. Hal ini karena tripleks memiliki bobot yang lebih ringan. Selain itu cara pemasangannya juga dapat dipasang lembaran tanpa harus dipotong-potong. Kadang ada pula yang membagi lembaran triplek tersebut menjadi 4 bagian agar proses pemasangan dan penataannya lebih mudah.

Rangka plafon dengan material triplek dapat memakai kasau 5/7 atau 4/6. Sementara itu ukuran rangka kayu yang digunakan adalah 60 x 60 cm. Daya tarik utama dari plafon berbahan triplek terletak pada proses pengerjaan dan pemasangannya yang jauh lebih mudah. Bahkan pemasangan plafon triplek dapat menggunakan jasa tukang kayu. Hal ini tentu memudahkan para pemilik rumah untuk mengerjakan proses pemasangan ini. Selain itu material triplek juga banyak dijumpai di pasaran dan dibanderol dengan harga yang cukup murah. Bobot triplek yang ringan akan mempermudah para pemilik rumah saat melakukan perbaikan jika terjadi kerusakan dan hendak menggantinya.

plafon triplekBentuk plafon rumah dari triplek tidak kalah menarik dengan plafon lainnya. Namun triplek memiliki sejumlah kelemahan yang perlu dipertimbangkan. Bahan triplek merupakan bahan yang tidak tahan api. Jadi material ini cenderung mudah terbakar. Di sisi lain jika plafon tersebut sering terkena rembesan air, maka plafon triplek akan mudah rusak. Ketika plafon tersebut rusak, maka cara terbaik adalah menggantinya dengan yang baru.

Plafon triplek minimalis saat ini cukup banyak diminati untuk rumah minimalis. Triplek tersebut biasanya dicat dengan warna netral seperti warna putih sebelum di pasang. Setelah dipasang, tampilan plafon ini pun terlihat memukau dan tidak kalah dengan material lain yang harganya lebih mahal. Atau triplek tersebut juga dapat langsung dipasang tanpa dicat lebih dulu sehingga warna alaminya akan memberikan kesan yang unik di dalam interior.

Furniture interior: