Model Plafon Gypsum Ruang Tamu Dan Kamar

tomjaks.com – Material gypsum merupakan salah satu jenis material yang saat ini mulai populer digunakan sebagai konstruksi bangunan. Papan gypsum atau gypsum board juga telah populer dikenal dengan sejumlah nama lain di antaranya adalah wallboard, drywall, dan plasterboard. Material ini memiliki karakter berupa lapisan yang cukup tebal, kuat, dan tahan api. Selain itu material gypsum juga cukup mudah dalam hal pembuatan serta pemasangannya. Harga gypsum sendiri relative terjangkau sehingga banyak orang tertarik untuk menggunakannya sebagai material untuk plafon. Pada dasarnya, gypsum dapat dibuat menjadi berbagai macam bentuk plafon karena material ini awalnya berbentuk halus seperti tepung dan kemudian dicetak sesuai dengan pesanan. Dengan sifatnya yang demikian, Anda tentu dapat menentukan bentuk sesuai dengan keinginan Anda.

model gypsum ruang tamu

Model gysum ruang tamu saat ini sudah sangat beragam. Pasalnya material ini dapat dibuat menyesuaikan dengan desain yang ditentukan. Bagi Anda yang tertarik untuk mengaplikasikan material gypsum untuk mempercantik langit – langit ruang tamu di rumah Anda, berikut ini adalah beberapa model gypsum ruang tamu yang dapat Anda jadikan sebagai referensi. Mungkin saja salah satu model tersebut cocok untuk diaplikasikan di ruang tamu Anda.

Gypsum False Ceiling

Gypsum False Ceiling
Jika Anda menginginkan tampilan langit-langit yang unik dan modern, model gipsum ruang tamu false ceiling merupakan pilihan yang tepat. Model plafon ini memberikan dimensi yang berbeda di langit-langit. Jadi di bagian bawah plafon utama dapat ditambahkan bentuk lainnya sesuai dengan keinginan misalnya bentuk persegi, lingkaran, atau bentuk geometris maupun abstrak yang diinginkan. Pada dasarnya fungsi dari false ceiling ini adalah memberikan ruang untuk jalur instalasi kabel listrik pada pencahayaan sehingga terlihat lebih rapi atau bahkan tidak terlihat.

Gypsum Drop Ceiling

Gypsum Drop Ceiling
Model plafon drop ceiling sangat cocok untuk plafon gypsum ruang tamu minimalis. Model drop ceiling sendiri masih dapat divariasikan menjadi berbagai macam bentuk yang menarik. Drop ceiling pada dasarnya menonjolkan bagian yang lebih rendah dari plafon utama. Bagian yang lebih rendah atau yang terlihat menggantung di plafon tersebut dapat dibuat dengan bentuk yang geometris jika hendak diaplikasikan pada ruang tamu minimalis seperti bentuk lingkaran, persegi, atau persegi panjang. Gypsum drop ceiling terlihat sangat stylish dan modern. Apalagi bila dipadukan dengan lampu tersembunyi dengan warna unik seperti warna hijau, ungu, pink, atau biru sehingga memberikan karakter yang berbeda bagi ruang tamu.

Drop ceiling pada gypsum tidak hanya dapat dibuat satu bagian yang terlihat menggantung tetapi dapat dibuat terlihat menumpuk. Kombinasi lampu-lampu yang tersembunyi merupakan aksen yang sangat bagus untuk menegaskan model plafon gantung yang
digunakan untuk ruang tamu.

Plafon Polos

plafon polos
Ini adalah model gypsum ruang tamu minimalis yang paling sederhana dan mudah. Pasalnya gypsum tersebut hanya dijadikan sebagai elemen pengganti untuk eternit ruangan sehingga bentuknya sengaja dibiarkan polos begitu saja tanpa ada kostumisasi desain. Selain itu gypsum ini biasanya tetap dibiarkan berwarna putih sehingga memberikan tampilan yang bersih. Jika ingin menghadirkan aksen, biasanya dekorasi dapat ditambahkan untuk bagian tepi yakni pembatas antara plafon dengan dinding.

Demikian beberapa contoh desain gypsum ruang tamu. Pada dasarnya desain yang disebutkan di atas masih bersifat umum. Setiap jenis desain dapat dispesifikkan lagi menjadi berbagai macam bentuk sesuai dengan keinginan. Pilihan model yang paling banyak digunakan di ruang tamu adalah model false ceiling. Pasalnya bentuk dari ornament yang digunakan dapat dibuat bermacam – macam sesuai dengan kreativitas masing – masing.

Warna Interior Kamar

warna interior kamar

Pemilihan warna untuk interior kamar tidur ukuran kecil adalah hal yang sangat penting untuk dipertimbangkan. Warna yang kurang sesuai akan membuat ruangan ini menjadi tidak nyaman. Pasalnya warna berperan penting dalam menentukan suasana ruang secara keseluruhan. Gunakan warna-warna yang terang dan netral. Warna putih menjadi pilihan populer untuk kamar yang sempit. Jika menurut Anda warna ini terlalu monoton dan membosankan, Anda dapat menggunakan warna cream, beige, abu-abu, atau warna pastel. Untuk selebihnya seperti langit-langit dan ranjang dapat berwarna putih

Furniture

furniture kamar

Kamar tidur sempit berarti luas kamar tersebut sangat terbatas. Oleh sebab itu jangan penuhi ruangan ini dengan aneka perabot dan barang-barang yang tidak penting. Letakkan barang-barang yang jarang digunakan di gudang. Atau jika bagian bawah tempat tidur Anda dilengkapi dengan storage atau tempat penyimpanan, Anda dapat menyimpan barang-barang tersebut di sana. Pastikan Anda hanya meletakkan furniture dan perabot yang penting seperti lemari pakaian, tempat tidur, dan bila perlu meja samping tempat tidur. Selain itu bentuk furniture yang digunakan sebaiknya juga berukuran minimalis sehingga dapat sesuai dengan konsep minimalis yang diterapkan di kamar. Minimnya furniture yang digunakan di dalam kamar tentu akan membuat desain interior kamar tidur kecil terlihat lebih lega karena tersedia ruang gerak yang cukup banyak

Jendela

jendela kamar

Pastikan kamar tidur Anda langsung terhubung dengan area outdoor dan buatlah jendela yang berukuran cukup besar. Pemandangan outdoor yang terlihat dari dalam kamar akan memberikan kesan yang lebih luas. Selain itu kehadiran jendela juga memungkinkan cahaya matahari dapat masuk dengan optimal dan melancarkan sirkulasi udara di dalam kamar

Pencahayaan

pencahayaan kamar tidur

Kamar tidur kecil sederhana yang sempit jika kurang mendapatkan cahaya akan membuatnya terlihat semakin sempit. Oleh sebab itu pastikan kamar tidur mendapatkan pencahayaan yang cukup baik cahaya alami maupun cahaya buatan dari lampu. Anda dapat menggunakan lampu jenis recessed light yang dipasang di dalam langit – langit sehingga tidak akan membuat ruang terlihat berantakan dengan kehadiran lampu tersebut. Lampu tersebut dapat dipasang di setiap sudut ruangan untuk memberikan pencahayaan yang merata sehingga tidak menimbulkan bayangan di dalam kamar. Atau Anda dapat menggunakan indirect lighting yang dipasang tersembunyi di tepi plafon. Pencahayaan ini akan memberikan efek dramatis di dalam kamar.

Furniture interior: