interior rumah tinggal

Membuat Interior Rumah Tinggal Ideal Untuk Keluarga

Perencanaan Interior Rumah Tinggal Harus Rinci

Interior rumah tinggal sebaiknya harus dipikirkan matang-matang karena rumah tinggal merupakan bangunan yang sangat lekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Rumah tinggal merupakan tempat dimana kita melepaskan kepenatan setelah melakukan aktivitas sehari-hari dan rumah tinggal juga merupakan tempat dimana mengayomi keluarga kita. Desain ruang pada rumah tinggal juga dapat mencerminkan kepribadian tiap keluarga dan individu oleh karena itu setiap ruangan sebaiknya di desain sedemikian rupa agar dapat memberikan kesan kepada tamu. Rumah tinggal terdapat beberapa ruangan seperti kamar tidur utama, ruang tamu, ruang makan, ruang keluarga, kamar mandi.

interior rumah tinggal

Setiap ruangan itu memiliki fungsi yang berbeda-beda sehingga sebaiknya kita mendesain setiap ruangan itu dengan kesan yang berbeda-beda. Bagaimana agar kita dapat membuat kesan yang berbeda? Cukup mudah, kita dapat menggunakan permainan warna dalam setiap ruangannya, perabotannya, dan hiasan pada rumah. Meskipun setiap ruangan berbeda, tidak dipungkiri bahwa setiap ruangan itu tetap harus memiliki compare yaitu persamaan meskipun diberikan kontras yang menonjol.

Desain rumah ini sebaiknya menggunakan perabotan yang sama dengan pilihan warna yang sama serta ornament dan bentuk yang sama agar seragam dan tidak belepotan sehingga mengurangi keindahan pada isi rumah. Warna pun harus diteliti lebih dalam lagi. Penggunaan warna coklat memiliki perbedaan antar coklat juga. Coklat yang dapat dipilih seperti mahogany, fir, harus diteliti sehingga warna coklat dalam perabotan tidak dalam gradasi yang berbeda-beda sehingga membuat corak yang aneh dalam interior untuk rumah tinggal. Perabotan juga disesuaikanĀ  dengan cat tembok, warna alat-alat elekronik yang ada di dalam rumah sehingga dapat memberikan kesan nyaman.

Sirkulasi Udara Dan Pencahayaan Interior Rumah Tinggal

interior rumah tinggal

Kesan nyaman yang dibutuhkan dalam membangun konsep desain interior untuk rumah tinggal haruslah mengena dan cocok dengan keinginan pemilik. Selain juga untuk pengaturan sirkulasi udara serta pencahayaan yang tepat, komponen lain dalam hal asesoris ruangan juga dapat dilengkapi. Perabotan memang dibutuhkan, namun asesoris ruangan dalam interior lah yang dapat menentukan mana yang lebih tepat untuk dijadikan penghias ruangan.

Sirkulasi udara harus dapat dibuat agar selalu keluar dan masuk, serta pencahayaan dari sinar matahari juga sangat dibutuhkan untuk melengkapinya. Hal itu akan sangat berguna bagi penghuni rumah agar selalu tetap sehat dan bersemangat.

Interior dalam rumah ini juga harus mementingkan ventilasi udara yang ada di dalam ruangan karena ventilasi ini sangat berguna untuk sirkulasi udara sehingga dalam ruangan rumah akan membuat orang yang di dalamnya dapat bernafas dengan baik dan udara dapat masuk ke dalam rumah yang membuat rumah dialiri dengan angin alami. Jika tidak ingin menggunakan angin alami, kita juga dapat mengatur ventilasi dengan menggunakan air conditioner. DesainĀ Interior rumah ini sebaiknya juga dipentingkan ruang kosong pada rumah. Rumah sebaiknya diisi dengan perabotan yang dapat memperindah dan fungsional tetapi tetap mengindahkan ruang pada rumah agar ruang tetap terjaga lapang dan tidak sesak sehingga orang yang tinggal di dalamnya merasa aman dan bebas untuk melakukan kegiatan di dalam rumah. Semoga beberapa ide interior rumah tinggal diatas dapat menjadi acuan dan bahan pertimbangan para pembaca sekalian.

Furniture interior: